ORGANISASI BERKAS


Berkas
Berkas(file) adalah kumpulan sejumlah komponen yang bertipe data sama, yang jumlahnya tidak tertentu. Banyaknya data dalam berkas dapat ditambah jika diperlukan. Dalam pascal berkas menyediakan data yang nantinya akan digunakan oleh suatu program. Berkas dapat berupa disk file yang media penyimpanannya berupa cakram magnetis, kartu plong, dan sejenisnya atau berupa piranti logika yang sering digunakan.
Satu aspek penting dari berkas adalah bahwa data yang ada didalam berkas bisa digunakan oleh sembarang program yang tipe datanya disesuaikan dengan kebutuhan. Berkas tersusun dari sejumlah rekaman dimana masing-masing rekaman tersusun atas sejumlah medan. Hubungan antara medan,rekaman dan berkas.
         Pencarian Biner menggunakan Struktur Pohon                                        
      untuk sebuah berkas dengan rekaman yang telah diurutkan jumlah probe yang diperlukan untuk membaca sebuah rekaman dapat diusahakan untuk diperkecil dengan menggunakan teknik pencarian biner.
Jika kunci cari < Kunci tengah, maka bagian berkas mulai dari Kunci tengah sampai akhir berkas dieliminasi. Sebaliknya jika kunci cari > Kunci tengah maka bagian berkas mulai dari depan sampai dengan Kuncit engah dieleminasi.
            Pada contoh pertama berikut ini akan dicari rekaman dengan kunci 49.
Bilangan yang dicetak tebal menunjukkan rekaman yang sedang dibandingkan dan tanda kurung membatasi bagian berkas yang tersisa yang masih harus diperbandingkan. Tanda [ untuk AWAL dan tanda ] untuk AKHIR.
Organisasi Berkas
Sebuah file adalah kumpulan data, biasanya disimpan pada disk. Sebagai sebuah entitas logis, file memungkinkan Anda untuk membagi data ke dalam kelompok-kelompok yang bermakna, misalnya, Anda dapat menggunakan satu file untuk menampung semua informasi produk perusahaan dan lain untuk menampung semua informasi personilnya. Sebagai suatu entitas fisik, file harus dipertimbangkan dari segi organisasi.
Medan Data
Medan Data berisi nilai dasar yang membentuk sebuah rekaman. Isi sebuah medan bergantung pada atribut yang dimiliki oleh individu pemilik rekaman. Nilai tersebut pada saatnya nanti akan dimanipulasi oleh proses komputasi. Nilai-nilai dalam medan harus tunduk pada deskripsi tentang tipe nilai, kapasitas byte maksimum, domain dan seterusnya yang dimiliki oleh medan tersebut.
Rekaman yang disimpan dalam berkas pada umumnya memiliki medan yang berfungsi khusus, yaitu sebagai identitas rekaman yang memiliki sifat pembeda baik internal maupun eksternal. Medan ‘tanggal’ yang umumnya dimiliki oleh sebuah rekaman merupakan contoh yang unik. Medan tersebut bisa memiliki kapasitas byte maksimum 8, dan disusun dari 3 medan yang lebih elementer, yaitu tanggal (2digit), bulan (2digit), tahun (4digit). Data tanggal paling baik dinyatakan dalam tipe bilangan, mengingat tanggal memiliki kemungkinan untuk diperbandingkan (lebih tua atau lebih muda), proses dengan aritmatik sederhana (menghitung umur) dan sebagainya.
Pemilihan tipe data yang paling sesuai dengan kebutuhan yang disyaratkan oleh sistem yang sedang dibangun merupakan hal yang penting. Suatu domain yang spesifik, sangat baik bila diuraikan dalam satu tipe dan satu representasi. Representasi yang tidak sesuai akan menyebabkan hilangnya informasi yang sulit untuk dilacak kembali.



Rekaman Data
Medan ke-1
Medan ke-2
Medan ke-n
Rekaman merupakan koleksi berbagai medan yang berisi beberapa item data elementer. Beberapa medan dapat berhubungan satu dengan yang lainnya karena mereka melakukan deskripsi suatu hal yang spesifik, misalnya tentang seseorang , tentang sebuah subyek, atau suatu kejadian.
2 TIPE MEDIA PENYIMPANAN FILE ( Rekam Data )

A. PENYIMPANAN PRIMER

Penyimpanan primer (primary memory) atau disebut juga Memori utama (main memory) dan memori internal (internal memory). Komponen ini berfungsi sebagai pengingat. Dalam hal ini, yang disimpan didalam memori dapat berupa data atau program.
Penyimpanan primer dibedakan menjadi dua macam, yaitu :
·         RAM
Random-Access Memory adalah jenis memori yang isinya dapat diganti selama komputer dihidupkan dan mempunyai sifat bisa mengingat data/program selama terdapat arus listrik (komputer hidup). RAM dapat menyimpan dan mengambil data dengan sangat cepat.
·         ROM
Read-Only Memory adalah jenis memori yang hanya bisa dibaca. Disediakan oleh vendor komputer dan berisi program atau data.
Selain itu ada pula Cache memory, yaitu memori yang memiliki kecepatan yang sangat tinggi yang digunakan sebagai perantara antara RAM dan CPU.
B. PENYIMPANAN SEKUNDER
Penyimpanan sekunder atau disebut secondary memory adalah penyimpanan data yang relative mampu bertahan dalam jangka waktu yang cukup lama di luar CPU maupun penyimpanan primer.
Ada dua jenis penyimpanan sekunder, yaitu :
1. Serial/sequential access storage device(SASD)

Contoh : Magnetic tape, punched card, punched paper tape
2. Direct access storage device (DASD)

Contoh : Magnetic disk, floppy disk,
JENIS MEDIA PENYIMPANAN FILE ( Rekam Data )
1. Magnetic Tape
Adalah alat penyimpanan data untuk berkas besar, yang di akses dan diproses secara sequential.
Magnetic tape dibuat dari bahan plastik tipis yang dilapisi oleh besi magnet oksida pada satu sisinya, berwarna merah kecoklatan.
Magnetic tape adalah model pertama dari secondary memory. Tape ini digunakan untuk merekam audio, video dan untuk menyimpan informasi berupa sinyal komputer.
Panjang tape pada umumnya 2400 feet, lebarnya 0.5 inch dan tebalnya 2 mm. Data disimpan dalam bintik kecil yang bermagnit dan tidak tampak pada bahan plastik tersebut.
Contoh : cassette tape dan kaset video
2. Magnetic Disk
Adalah piranti penyimpanan sekunder yang paling banyak dijumpai pada sistem komputer.
Magnetic disk terdiri dari logam yang kaku atau plastic yang fleksibel. Pada saat disk digunakan, motor drive berputar dengan kecepatan yang sangat tinggi. Ada sebuah read−write head yang ditempatkan diatas permukaan piringan tersebut. Permukaan disk terbagi atas beberapa track yang masih terbagi lagi menjadi beberapa sector. Fixed−head disk memiliki satu head untuk tiap−tiap track, sedangkan Moving−head disk (atau sering dikenal dengan nama hard disk) hanya memiliki satu head yang harus dipindah−pindahkan untuk mengakses dari satu track ke track yang lainnya.
Contoh : Floppy disk (disket), hardisk.
3. Optical Disk
Optical disk tidak menggunakan bahan yang bersifat magneti sama sekali. Optical disk menggunakan bahan spesial yang dapat diubah oleh sinar laser menjadi memiliki spot-spot yang relatif gelap atau terang. contoh dari optical disk ini adalah CD-RW dan DVD-RW.
Berkas Data
Sebuah berkas merupakan koleksi dari rekaman-rekaman yang sama, yang diletakkan dalam peralatan penyimpan data komputer. Salah satu tipe peralatan penyimpanan eksternal, dari berbagai alternatif, adalah penggerak disk dengan disk magnetiknya  Sebuah berkas akan memiliki nama yang dikenal dengan sistem operasi dan mempunyai struktur atau organisasi yang ditentukan oleh program pengakses berkas.

No comments:

Post a Comment